Sejarah
Sejak usia muda, pendiri Honda, Soichiro Honda (本田 宗一郎, Honda Sōichirō) memiliki minat besar dalam kendaraan bermotor. Dia bekerja sebagai mekanik di Art Shokai, di mana dia menyetel mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia kemudian membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota. Rancangan pertamanya ditolak, dan Soichiro bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan menggadaikan perhiasan istrinya sebagai jaminan
Produk
Mobil
2014 Honda Jazz (Australia)
2014 Honda Accord (Asia Tenggara)
Honda Civic generasi ke-10 (Amerika Utara)
Honda CR-Z, salah satu mobil sports coupe hybrid dari Honda
Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend dan 2 versi Odyssey, untuk pasar Amerika, dan satu untuk pasar internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey dan Ridgeline di Amerika Utara. Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu di Eropa.
Honda memasuki industri otomotif setelah Perang Dunia II, di mana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih dahulu. Maka, Honda selalu melakukan sedikit perbedaan dari kompetitornya. Produknya yang bertahan lama, seperti Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya, pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.
Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua kedua, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968.[9] Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.
Lima dari sepuluh mobil paling efisien dari 1984-2010 menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah mobil-mobil Honda, lebih banyak daripada pabrikan mobil lainnya. Lima model tersebut adalah Honda Insight 2002-2006 dengan 53 mpg-US or 4,4 L/100 km; 64 mpg-imp, Honda Civic Coupe HF 1986-1987 dengan 46 mpg-US or 5,1 L/100 km; 55 mpg-imp, 1994–1995 Honda Civic hatchback VX dengan 43 mpg-US or 5,5 L/100 km; 52 mpg-imp, 2006– Honda Civic Hybrid dengan 42 mpg-US or 5,6 L/100 km; 50 mpg-imp, dan 2010– Honda Insight dengan 41 mpg-US or 5,7 L/100 km; 49 mpg-imp.[10] ACEEE juga menyatakan Civic GX sebagai mobil terhijau di Amerika selama tujuh tahun berturut-turut.
2014 Honda Accord (Asia Tenggara)
Honda Civic generasi ke-10 (Amerika Utara)
Honda CR-Z, salah satu mobil sports coupe hybrid dari Honda
Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend dan 2 versi Odyssey, untuk pasar Amerika, dan satu untuk pasar internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey dan Ridgeline di Amerika Utara. Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu di Eropa.
Honda memasuki industri otomotif setelah Perang Dunia II, di mana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih dahulu. Maka, Honda selalu melakukan sedikit perbedaan dari kompetitornya. Produknya yang bertahan lama, seperti Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya, pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.
Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua kedua, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968.[9] Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.
Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.
Lima dari sepuluh mobil paling efisien dari 1984-2010 menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah mobil-mobil Honda, lebih banyak daripada pabrikan mobil lainnya. Lima model tersebut adalah Honda Insight 2002-2006 dengan 53 mpg-US or 4,4 L/100 km; 64 mpg-imp, Honda Civic Coupe HF 1986-1987 dengan 46 mpg-US or 5,1 L/100 km; 55 mpg-imp, 1994–1995 Honda Civic hatchback VX dengan 43 mpg-US or 5,5 L/100 km; 52 mpg-imp, 2006– Honda Civic Hybrid dengan 42 mpg-US or 5,6 L/100 km; 50 mpg-imp, dan 2010– Honda Insight dengan 41 mpg-US or 5,7 L/100 km; 49 mpg-imp.[10] ACEEE juga menyatakan Civic GX sebagai mobil terhijau di Amerika selama tujuh tahun berturut-turut.
Mesin
Mesin Honda pada kapal ponton
Meskipun Honda adalah perusahaan yang memproduksi mesin, namun mereka tak pernah memproduksi mesin V8 untuk kendaraan penumpang. Di akhir 1990-an, Honda mendapat tekanan dari dealernya di Amerika untuk membuat mesin V8.[12] Honda mulai memperhitungkan untuk membuat mesin V8 di pertengahan 2000-an untuk sedan Acura, mobil sport NSX, dan juga truk dan SUV di pasar Amerika. Program ini ternyata dibatalkan akhir 2008 dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan kondisi ekonomi global yang memburuk.
Jenis Perusahaan publik
(TYO: 7267) & (NYSE: HMC)
Industri/jasa
Otomotif
Aeronautika
Didirikan 24 September 1948
Pendiri
Soichiro Honda
Takeo Fujisawa
Kantor pusat Minato, Tokyo, Jepang
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting
Satoshi Aoki (Chairman)
Takanobu Ito (CEO)
Produk
(TYO: 7267) & (NYSE: HMC)
Industri/jasa
Otomotif
Aeronautika
Didirikan 24 September 1948
Pendiri
Soichiro Honda
Takeo Fujisawa
Kantor pusat Minato, Tokyo, Jepang
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting
Satoshi Aoki (Chairman)
Takanobu Ito (CEO)
Produk
Mobil
Motor
Skuter
Motor
Skuter
ATVs
Generator elektrik
Robot
Marine Equipment
Jet
Mesin jet
Lawn and Garden Equipment
Pendapatan ▼ ¥7,948 triliun (2012)[1]
Laba usaha ▼ ¥231,36 miliar (2012)[1]
Laba bersih ▼ ¥211,48 miliar (2012)[1]
Jumlah aset ▲ ¥11,780 triliun (2012)[1]
Jumlah ekuitas ▼ ¥4,402 triliun (2012)[1]
Karyawan 179.060 (2012)[2]
Slogan "The Power of Dreams"
Anak perusahaan
Acura
Honda Aircraft Company
Situs web Honda Worldwide
Pendapatan ▼ ¥7,948 triliun (2012)[1]
Laba usaha ▼ ¥231,36 miliar (2012)[1]
Laba bersih ▼ ¥211,48 miliar (2012)[1]
Jumlah aset ▲ ¥11,780 triliun (2012)[1]
Jumlah ekuitas ▼ ¥4,402 triliun (2012)[1]
Karyawan 179.060 (2012)[2]
Slogan "The Power of Dreams"
Anak perusahaan
Acura
Honda Aircraft Company
Situs web Honda Worldwide
0 komentar:
Posting Komentar